Dengan Bismillah Kita Mulaikan

Sabtu, 29 Oktober 2011

Keragaman Budaya Melayu


Tuah sakti hamba negeri esa hilang dua terbilang Patah tumbuh hilang berganti takkan melayu hilang di bumi

maimun.jpg

siak.jpg

johor2.jpg

msj.pyt.jpg

Budaya melayu adalah budaya yang tiada lekang di panas tiada lapuk di hujan
Merupakan bunga rampai dari sejarah panjang peradaban yang tumbuh dan berkembang di pesisir.
Ingin mengetahui kebesaran budaya melayu,

The Sultan Ibrahim Building in Johor Bahru which houses the State Government offices
Istana Besar and the impressive Abu Bakar Mosque which overlooks the Johor Straits. It was opened in 1900 and took 8 years to build.

Istana Siak dibangun pada 1889 saat pemerintahan Sultan ke-11, yakni oleh Sultan Assayidis Syarif Hasim Abdul Jalil Syaifuddin yang diambil sumpah penobatannya pada 25 Oktober 1889.
Istana Siak memiliki luas 30 m x 15 m dengan 13 ruangan di dua lantai. Lantai dasar memiliki 8 ruangan, dan di lantai dua ada 5 ruangan. Lantai dasar digunakan untuk pertemuan pembesar kerajaan dan juga sebagai tempat menjamu para tamu kerajaan. Lantai dua untuk peristirahatan Sultan.

Istana Maimun peninggalan Kesultanan Deli yang elok ini didirikan oleh , Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada 1888
Istana yang dulunya menjadi pusat kerajaan Deli ini luasnya 2772 m2 berdiri menghadap ke timur. Kira-kira 100 m di depan istana berdiri Masjid Al-Maksum yang lebih dikenal dengan nama Masjid Raya Medan.
Arsitektur Istana Maimun yang terdiri dari dua lantai terbagi dalam tiga bagian, yakni bangunan induk, sayap kiri dan kanan. Pada bangunan induk terdapat ruangan tamu (Balairung) seluas 412 m2 yang juga digunakan untuk acara penobatan Sultan Deli atau acara adat lainnya. Di dalam Balairung terdapat singgasana yang didominasi warna kuning. Balairung juga dipakai pada hari-hari besar Islam sebagai tempat sultan menerima sembah sujud dari sanak familinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar